Jhon Kobun

Jhon Kobun

 Web Administrator -  Staf Instalasi Farmasi - Dinas Kesehatan Kota Kupang

Website URL: http://ifk.dinkes-kotakupang.web.id   |   Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor HK.01.07/MENKES/191/2017 tertanggal 11 April 2017 telah menetapkan Pembentukan Kelompok Kerja Nasional Eliminasi Campak dan Pengendalian Rubella (Congenital Rubella Syndrome)  yang bertugas menyelenggarakan secara menyeluruh kegiatan catch up campaign vaksin MR, introduksi vaksin MR dan tahapan pemeliharaan menuju dan mempertahankan status eliminasi campak.

     Sirkulasi pengelolaan obat tentunya tidak saja langsung bermuara pada pasien tanpa adanya proses. Sebagai sebuah instansi, Instalasi Farmasi Kota Kupang bertanggung jawab dalam proses penerimaan obat sampai pada pendistribusian dan akhirnya dapat dikonsumsi oleh pasien.

Vaksin MR adalah jenis imunisasi yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari dua penyakit sekaligus — campak (Measles) dan campak Jerman (Rubella). Sejatinya, vaksin MR merupakan bagian dari vaksin MMR (Measles, Mumps, Rubella), tapi di Indonesia vaksin Mumps sengaja dipisahkan dari keduanya. Hal ini dilakukan karena penyakit Mumps alias gondongan sudah jarang ditemui di kalangan masyarakat Indonesia.

Sudah sepekan pemerintah menjalankan program nasional imunisasi vaksin measles-rubella (MR). Sebenarnya apa itu virus MR dan seberapa dasyat vaksin ini dapat memusnahkan virus dari penyakit measles (campak) dan rubella (campak jerman)?

Pentingnya Imunisasi MR (Campak Rubella) untuk Anak Belakangan ini, pemerintah sedang menggalakkan pemberian imunisasi MR (campak rubella) pada anak. Sebenarnya, apa itu vaksin MR? Dan kenapa semua anak wajib mendapatkannya?

 

Amerika akhirnya melegalkan penjualan obat berbahan dasar ganja. Uniknya, obat untuk mengatasi kejang-kejang epilepsi ini berbentuk sirup dan memiliki rasa stroberi.

Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat mengesahkan Epidiolex buatan GW Pharmaceutical. Obat ini mengandung cannabidiol (CBD), zat dari ganja yang menyebabkan perasaan tenang dan mengatasi kejang-kejang, namun tidak mengandung tetrahydrocannabinol (THC), kandungan pada ganja yang membuat seseorang nge-fly atau mabuk.

Hal ini menjadikan Epidiolex obat resep berbahan dasar ganja pertama yang boleh beredar di Amerika Serikat. Epidiolex sudah melewati serangkaian uji ilmiah dan uji klinis, termasuk penelitian kepada 500 pasien epilepsi.

dr Ellaine Wirrel, direktur program epilepsi anak dari Mayo Clinic mengaku senang akhirnya obat epilepsi berbahan dasar ganja sudah diakui oleh FDA. Meski begitu ia mengingatkan agar pengawasan tetap harus terus dilakukan.

 

 

(Sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4083712/obat-epilepsi-rasa-stroberi-ini-berbahan-dasar-ganja)

Penyakit jantung seringkali ditandai dengan nyeri di bagian dada. Namun, tak semua nyeri dada itu termasuk dalam gejala penyakit jantung. Nyeri dada biasa dan nyeri dada karena penyakit jantung akibat adanya penyumbatan memiliki karakteristik yang berbeda.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI menarik obat antihipertensi (darah tinggi) dan gagal jantung yang mengandung bahan aktif valsartan.

Obat hipertensi yang mengandung valsartan produksi Zhejiang Huahai Pharmaceuticals terkena pengotor Nitrosodimethylamine (NDMA).

Penggunaan obat rasional merupakan istilah yang diberikan untuk memaksimalkan fungsi obat sesuai dengan dosis dan kebutuhan klinis. Masing-masing individu memiliki kebutuhan obat yang cukup berbeda. Bahkan, dosis yang diberikan melalui berbagai obat-obatan biasanya akan disesuaikan dengan kondisi penyakit yang diderita. Hal ini dilakukan untuk mencegah kelebihan dosis dari seluruh obat yang dikonsumsi dengan jumlah tertentu. Bahkan, organisasi kesehatan dunia atau WHO juga menganjurkan penerapan obat rasional terhadap seluruh pasien di seluruh dunia.