Peran Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Kupang dalam Vaksinasi MR Featured

Ditulis Oleh | Senin, 06 Agustus 2018 12:16 | Dibaca : 63 Kali | Terakhir Diperbaharui : Senin, 06 Agustus 2018 12:28
Ilustrasi Ilustrasi https://pixabay.com

Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor HK.01.07/MENKES/191/2017 tertanggal 11 April 2017 telah menetapkan Pembentukan Kelompok Kerja Nasional Eliminasi Campak dan Pengendalian Rubella (Congenital Rubella Syndrome)  yang bertugas menyelenggarakan secara menyeluruh kegiatan catch up campaign vaksin MR, introduksi vaksin MR dan tahapan pemeliharaan menuju dan mempertahankan status eliminasi campak.


     Kelompok Kerja ini terdiri dari lima bidang: Perencanaan, Logistik, Pelaksanaan Komunikasi, serta monitoring dan Evaluasi.

Dinas Kesehatan Kota Kupang dan Puskesmas-puskesmas dan rumah sakit sedang melaksanakan kegiatan imunisasi Measles dan Rubella untuk anak-anak usia 9 bulan sampai di bawah 15 tahun di sekolah-sekolah dan sarana kesehatan dan tempat tempat umum yang menjadi titik sentral pelaksanaan imunisasi vaksinasi MR.

     Kegiatan ini selain untuk memenuhi ketetapan Menteri tetapi lebih dari itu agar anak-anak kita sebagai penerus bangsa perlu tahu dan perlu memperoleh kekebalan terhadap penyakit ini. Bersama Pemerintah setempat, kegiatan ini tentunya mendapat dukungan dari berbagai pihak sebab sebagai warga Negara tentunya kita semua mempunyai tujuan mulia yaitu kecerdasan dan kesehatan yang baik bagi anak-anak generasi penerus bangsa.

     Dalam mendukung keberhasilan program imunisasi MR, Kementrian Kesehatan menyediakan Vaksin MR dan logistik yang didistribusikan melalui Dinas kesehatan Propinsi Nusa Tenggara Timur yang dilakukan sebanyak 4 tahapan penditsribusian ke Instalasi Farmasi Dinas kesehatan Kota kupang. Pada tahap pertama dilakukan pada tanggal 12 Juni 2018 dan diterima dalam keadaan baik dan lengkap di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Kupang.     

     Sesuai tugas pokok dan fungsinya, Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Kupang melakukan pendistribusian  vaksin MR dan logistic ke Puskesmas dan rumah sakit se-kota Kupang pada tanggal 18 s/d tanggal 31 Juli 2018. Ketersediaan vaksin MR dan logistik dengan jumlah yang memadai dan bermutu sangat penting sebagai salah satu indikator keberhasilan program vakasinasi MR di Kota Kupang yang dilaksanakan selama bulan Agustus sampai September 2018.

     Penyakit campak dan rubella tetap berkembang tetapi tujuan kita bersama adalah jangan sampai Penyakit ini menyerang anak-anak kita, maka vaksinasi yang telah berjalan sesuai ketetapan Menteri Kesehatan RI tentunya sangat bermanfaat bagi kita khususnya anak-anak kita. Dan Instalasi Farmasi selalu siap mendukung dengan berperan aktif untuk menyukseskan kegiatan vaksinasi MR di Kota Kupang.

Jhon Kobun

 Web Administrator -  Staf Instalasi Farmasi - Dinas Kesehatan Kota Kupang

ifk.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.